Kamis, 11 Februari 2010

Keamanan Teknologi Informasi, mana yang paling penting; membangun budaya peduli dan menghargai atau mengembangkan Teknologi Keamanan Data yang canggih

Mangembangkan Teknologi Keamanan Data yang canggih sangatlah lebih penting dibanding membangun budaya peduli dan menghargai, itu disebabkan teknologi dapat melindungi budaya yang sudah diwariskan sejak turun-temurun.

Fakta menunjukkan bahwa kita sudah sangat bergantung kepada teknologi informasi (IT) dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah penggunaan ATM, internet banking, komunikasi elektronik dengan telepon tetap, cellular, SMS, komunikasi via internet (email, messaging, chatting), dll. Selain kehidupan sehari-hari, IT juga sudah sangat digunakan dalam bisnis, pemerintahan, pendidikan dan bidang-bidang penting lainnya. Ternyata penggunaan IT ini disertai dengan ancaman-ancaman seperti virus, hacker, cracker, script, kiddies, dsb. Contohnya adalah penyerangan terhadap situs KPU (Komisi Pemilihan Umum), pembobolan kartu kredit, pembobolan rekening bank, ATM, dll. Pentingnya aspek keamanan dalam penggunaan IT menimbulkan peluang bisnis baru yang fokus ke pelayanan dan penjaminan keamanan (security) terhadap suatu produk IT. Bisnis ini memerlukan keahlian di bidang security IT. Layanan-layanan security services yang utamanya disediakan adalah autentikasi (mekanisme pengujian bahwa yang akan mengakses data adalah benar-benar sebagai orang pengakses data), konfidensilitas data (mekanisme penyembunyian data sehingga hanya berhak yang dapat membaca), integritas data (mekanisme pengujian untuk meyakinkan apakah data sudah dimodifikasi atau belum), dan non-repudiation (mekanisme pembuktian bahwa pengirim pesan tidak dapat menghindar dari fakta bahwa ia memang yang mengirim pesan). Persaingan bisnis ini masih sangat rendah, mungkin karena bidang bisnis ini memerlukan keahlian dalam menjalankannya. Pasar yang masih bisa digarap masih sangat banyak, masih lebih besar daripada pelaku bisnis yang ada di bidang ini. Karena bisnis ini sangat mengandalkan keahlian, bergiatlah dalam melakukan Research & Development (R&D). Dengan R&D yang bagus, berusahalah menjadi yang paling jago di bidang ini. Karena persaingannya tidak begitu banyak di Indonesia, hal ini tidaklah sulit dilaksanakan sekarang ini. Jangan lupa untuk mengupdate pengetahuan konsumen untuk tindakan pencegahan. Semuanya dikemas dalam pelayanan yang baik. Testimoni pelanggan akan menjadi modal utama dalam memasarkan bisnis ini.

0 komentar:

Posting Komentar

SHOUTMIX


ShoutMix chat widget

galang bambu anarki